Dunia Suporter

Polandia Hanya Butuh Satu Poin untuk Tampil di Piala Dunia 2018

Kini, tim asuhan Adam Nawalka itu mengoleksi 22 angka dari 9 laga. Robert Lewandowski cs unggul 3 angka dari Denmark di peringkat kedua dengan 19 poin. Artinya, satu angka saja membuat poin mereka menjadi 23. Meski Denmark menang pada laga pamungkas, poin mereka (22) tak bisa menyamai atau melampaui Polandia.

Seperti diketahui, hanya juara grup di Pra-Piala Dunia 2018 zona UEFA yang berhak lolos langsung ke Rusia. Sedangkan peringkat kedua harus menjalani play-off.

Polandia bakal menuntaskannya saat menjamu Montenegro pada Minggu (8/10) atau Senin (9/10) dini hari WIB. Bermain di depan publik sendiri, Polandia tentu tak akan kesulitan meraih 1 angka. Bahkan, mereka berpeluang besar meraih kemenangan.

Memang, Montenegro bakal berjuang habis-habisan karena masih ada peluang untuk meraih tiket play-off. Tapi, syaratnya cukup berat. Mereka harus menang atas Montenegro, sementara Denmark kalah dari tim tamu Rumania. Rasanya akan sulit bagi Montenegro. Denmark sendiri hanya butuh seri untuk bisa mengamankan posisi runner-up Grup E.

Nawalka sendiri tak mau para pemainnya terlena usai menang 6-1 atas Denmark. Menurutnya, di sepak bola segalanya bisa terjadi. Dia yakin Montenegro akan tampil berbeda pada laga nanti. Ini yang diwaspadai oleh Nawalka.

“Kami di atas angin untuk melenggang ke Rusia. Namun, saya selalu mewanti-wanti pemain untuk tak terlena. Saat ini belum ada pesta. Usai melawan Montenegro nanti baru semuanya jelas,” sebut Nawalka seperti dilansir Uefa.com.

Meski begitu, Nawalka tetap punya keyakinan akan bisa menuntaskan misi ke Piala Dunia 2018. “Kami akan berjuang untuk ke Rusia. Tiket lolos langsung ditentukan kami sendiri,” tegas Nawalka.

Benar, dia tak mau tergantung laga Denmark menjamu Rumania. Maklum saja, andai Denmark gagal meraih kemenangan dan Polandia kalah dari Montenegro, Polandia yang tetap lolos langsung ke Rusia 2018. Tapi, Nawalka tak ingin nasib Polandia tergantung laga tim lain. Dia ingin pemain menentukan nasib timnya sendiri. Tak hanya satu poin, dia ingin membawa Polandia mengalahkan Montenegro dan melenggang ke Rusia.

Polandia sendiri telah 7 kali tampil di Piala Dunia. Terakhir kali pada Piala Dunia 2006 di Jerman. Prestasi terbaik mereka adalah peringkat ketiga pada Piala Dunia 1974. Andai lolos, Rusia 2018 menjadi Piala Dunia ke-8 yang diikuti Polandia.

(epr/JPC)

Sumber diambil dari Jawapos.com