Dunia Suporter

Pertama Kali ke Piala Dunia, Ini Kiprah Timnas Panama

Panama sukses tampil di Piala Dunia untuk kali pertama. (AFP)

JawaPos.com – Panama, negara berperingkat 60 ranking FIFA, mengukir sejarah baru. Untuk pertama kali negara dengan populasi 4.034.119 jiwa (berdasar data 2016) itu lolos ke Piala Dunia.

Sebenarnya, Panama beberapa kali sempat sangat dekat dengan Piala Dunia. Pada 2014 lalu misalnya, mereka nyaris melaju ke putaran keempat andai tak kalah 1-2 dari Amerika Serikat.

Bergabung di zona CONCACAF, timnas berjuluk Los Canaleros itu lumayan sukses. Mereka sudah dua kali tampil sebagai juara kedua alias runner-up pada Piala Emas 2005 dan 2013.

Panama juga berkompetisi di Kejuaraan Amerika Tengah sub-regional atau Copa Centroamericana dan juara pada 2009 lalu. Itu juga merupakan prestasi terbaik mereka setelah juara CCCF Championship 1951 silam.

Gabriel Gomez memegang caps terbanyak Panama. Pemain yang kini perkuat Atlético Bucaramanga itu sudah tampil bela timnasnya 140 kali.

Sedang top skorer Panama dipegang oleh Luis Tejada. Dia sukses melesakkan 42 gol dalam 103 penampilan bersama Los Canaleros.

Sepanjang 2017 ini, Panama terbilang cukup apik. Dari 17 pertandingan mereka raih tujuh kemenangan, lima hasil imbang dan lima keklalahan.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF, Panama sendiri sebenarnya cuma raih tiga kemenangan, empat imbang, dan tiga kalah. Namun, hal itu berhasil membawa mereka ke Piala Dunia dengan duduk di peringkat ketiga, unggul selisih gol dari Honduras, dan satu poin dari Amerika Serikat.

(ies/JPC)

Alur Cerita Berita

< Sebelumnya

Polisi Jadwalkan Pemeriksaan Mantan Direktur Allianz Life Hari Ini

Berikutnya >

Kuliner Kota Kembang Siap Goyang Lidah Arek Suroboyo

Rekomendasi Untuk Anda