Dunia Suporter

Hajar Irlandia Utara, Jerman Lolos ke Piala Dunia 2018

Kemenangan ini memastikan Jerman lolos ke Piala Dunia karena Irlandia Utara adalah tim terdekat mereka. Jerman menyapu bersih sembilan laga dan mengumpulkan 27 poin. Sementara Irlandia Utara di posisi kedua dengan 19 poin.

Jarak yang sangat timpang dan jauh itu membuat Jerman lolos dengan sangat nyaman. Menariknya, para bintang Jerman tidak bukan menjadi pemeran utama.

Jerman terlihat bermain sangat nyaman dengan agresivitas tinggi. Baru berjalan dua menit, Sebastian Rudy berhasil mencetak gol memanfaatkan umpan cantik Joshua Kimmich.

Irlandia Utara tak bisa melakukan banyak hal meski bermain di kandang sendiri. Pada menit ke-21, giliran Sandro Wagner yang membuktikan dia bisa menjadi striker utama Jerman.

Striker Hoffenheim ini mampu memperlihatkan kelasnya yang berkualitas. Dia mampu mengimbangi kualitas para bintang Jerman lainnya.

Unggul dua gol, Jerman menurunkan tempo dan membiarkan tuan rumah mulai mencoba peruntungan. Tapi, tak ada satu gol pun yang bersarang di gawang Marc-Andre ter Stegen yang tampil apik pada laga ini.

Jerman harus menunggu hingga menit ke-86 hingga tendangan voli cantik ke sudut sempit dari Kimmich masuk gawang Irlandia Utara. Kimmich membuat rekor.

Tak ada yang bisa membuat penciptaan gol lebih banyak dari Kimmich di timnas Jerman sejak sang pemain menjalani debut di tim senior. Sang pemain telah membuat 2 gol dan 10 assists.

Irlandia Utara membuat gol hiburan pada menit ke-93 dan memastikan skor menjadi 3-1 untuk Jerman. Kemenangan ini membuat pelatih Jerman Joachim Loew memegang persentase kemenangan tertinggi sepanjang sejarah pelatih Jerman.

Irlandia Utara (5-3-2): McGovern; Brunt, Evans, McAuley, McLaughlin, Hodson (Dallas 46′); Davis, Norwood, Evans (Saville 80′); Lafferty (Washington 69′), Magennis

Jerman (4-2-3-1): Ter Stegen; Plattenhardt, Hummels, Boateng, Kimmich; Kroos, Rudy; Draxler (Sane 72′), Mueller (Stindl 83′), Goretzka (Can 66′; Wagner

(rap/JPC)

Sumber diambil dari Jawapos.com