Dunia Suporter

Gylfi Sigurdsson, Pemain Paling Mahal dan Berpengaruh di Islandia

Gylfi Sigurdsson menjadi pemain paling mahal di Islandia dan kebintangannya dianggap sebanding dengan eks bintang timnas Inggris, David Beckham (The Telegraph)

JawaPos.com – Sepak bola Islandia tengah berada pada era keemasan. Bagaimana tidak, setelah pertama kali tampil di pentas Euro pada 2016 lalu, negara yang hanya berpenduduk sekitar 332.000 ribu orang tersebut mampu lolos ke Piala Dunia untuk pertama kali.

Islandia yang merupakan negara Nordik mampu mengangkangi Kroasia di Grup I. Islandia lolos langsung ke Piala Dunia 2018, dan Kroasia harus menjalani play-off.

Keberhasilan Islandia tentu mengejutkan. Maklum saja, kualitas pemain yang mereka miliki jelas tak sementereng Kroasia. Tapi, mereka bisa membuktikan bahwa kualitas individu tak menjamin kesuksesan. Berbekal kolektivitas, Islandia bisa menjelma menjadi kekuatan yang luar biasa.

Para pemain Islandia memang banyak yang berkiprah di luar negaranya. Mereka tersebar di sejumlah liga elite di Eropa. Mulai dari Inggris, Denmark, Belanda, Belgia, Swedia, Italia, Jerman, Turki, hingga Yunani. Namun, kualitas mereka rata-rata air. Artinya, tak banyak pemain Islandia yang menonjol.

Secara nama pun, para pemain Islandia tak banyak dikenal. Bahkan, kapten mereka yakni Aron Gunnarsson yang bermain di Cardiff City tak banyak yang tahu. Bisa dibilang, satu-satunya pemain Islandia yang dikenal publik dan dianggap memiliki pengaruh besar adalah playmaker Gylfi Sigurdsson. Ternyata, dia tercatat sebagai pemain termahal Islandia saat ini.

Gylfi Sigurdsson saat merayakan gol bersama rekan-rekannya

Gylfi Sigurdsson saat merayakan gol bersama rekan-rekannya (AFP)

Gelandang yang saat ini memperkuat Everton itu berdasar Transfermarkt bernilai 22,5 juta pounds. Dengan nilai tersebut, Sigurdsson sudah menjadi pemain termahal Islandia saat ini. Bandingkan dengan Kroasia yang mereka kangkangi dalam perburuan tiket lolos langsung ke Rusia 2018. Pemain termahal mereka adalah Ivan Rakitic yang bernilai 40,5 juta pounds.

Sigurdsson saat ini juga tercatat sebagai pemain termahal Everton. Dia ditransfer dari Swansea City pada awal musim ini.

Pemain kelahiran 8 September 1989 itu memang sudah menjadi pemain paling berpengaruh Islandia sejak lolos ke Euro 2016. Di Pra-Piala Dunia 2018, kontribusinya tetap besar. Total, dia mencetak 4 gol dan membantu tim lolos ke Rusia.

Tak hanya paling mahal dan berpengaruh Islandia, Sigurdsson merupakan pemain paling populer negara tersebut. Di Islandia, dia dilabeli David Beckham Islandia atau Icelandic David Beckham. Selain karena kemampuan dalam mengeksekusi tendangan bebasnya seperti Beckham, keglamorannya mirip dengan eks bintang timnas Inggris itu.

Sigurdsson adalah pesepak bola kaya raya di Islandia, seperti halnya Beckham di Inggris. Dia hidup glamor dan dikabarkan kerap berganti-ganti pacar. Kehidupan di luar sepak bola memang seperti Beckham.

Soal asmara, setengah dari beberapa wanita yang sempat dekat dengannya merupakan selebriti. Terakhir, Sigurdsson menjalin hubungan dekat dengan mantan Miss Islandia, Alexandra Ivarsdottir.

Hanya saja, pemain berjuluk Ice Man ini menolak kemiripannya dengan Beckham terkait kehidupan di luar sepak bola. Dia lebih condong dalam hal mengeksekusi tendangan bebas. Sigurdsson mengaku Beckham merupakan inspirasi dirinya dalam mengambil setiap tendangan bebas dan dia kerap belajar lewat video pertandingan yang melibatkan Beckham.

“Saya memang kerap menyaksikan Beckham bermain di televisi. Saya mempelajari teknik dia dalam mengambil tendangan bebas,” sebut Sigurdsson seperti dilansir FIFA.

Di Euro 2016, Sigurdsson berperan penting membawa Islandia hingga perempat final. Caranya pun luar biasa yakni mengalahkan Inggris di babak 16-besar. Patut dinanti kiprah Sigurdsson yang pernah memperkuat Tottenham Hotspur di Piala Dunia 2018 nanti bersama Islandia.

(epr/JPC)

Alur Cerita Berita

< Sebelumnya

Perjuangan Panjang Sarpin, ”Menteri Pendidikan” Suku Badui

Berikutnya >

Registrasi Sesuai NIK dan KK, atau Nomor Ponsel Mati

Rekomendasi Untuk Anda