Dunia Suporter

Buang Banyak Peluang, Persebaya Cuma Main Imbang

Tambahan satu poin membuat Persebaya mengumpulkan sembilan poin. Mereka tetap berada di puncak klasemen Grup C menyusul hasil imbang 1-1 antara Kalteng Putra dengan Persigo Semeru FC.

Kembalinya penjaga gawang utama PSBS Selsius Gebze cukup berpengaruh ke permainan tim. Mantan kiper Persidafon Dafonsoro ini bermain apik pada awal babak pertama. Salah satunya ketika Selsius berhasil mengamankan gawangnya dari tendangan bebas Rendi Irwan di menit kesebelas.

Organisasi pertahanan PSBS yang sangat rapat membuat pemain Persebaya kesulitan untuk menembusnya. Serangan dari sektor sayap yang diakhiri dengan crossing ke muka gawang PSBS, selalu berhasil dimentahkan oleh barisan bek maupun kiper Selsius Gebze.

Selsius kembali menunjukkan kualitasnya di menit ke-24. Kali ini ia sukses memotong passing cantik Ricky Kayame ke arah Rendi Irwan yang berdiri tanpa pengawalan di kotak penalti PSBS. Persebaya kembali memperoleh kesempatan dari sepakan mendatar Oktafianus Fernando menit ke-28. Sayang bola melebar tipis di kiri gawang.

Peluang emas Persebaya kembali hadir pada menit ke-35. Sayang tendangan kaki kiri Ricky masih membentur tiang gawang PSBS. Persebaya lagi-lagi membahayakan gawang Selsius Gebze. Kali ini dari sepakan keras Sidik Saimima menit ke-39. Akan tetapi bola melenceng tipis di kiri gawang.

Oktafianus kembali mengancam gawang PSBS di masa injury time babak pertama. Lagi-lagi bola belum tepat sasaran. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Persebaya mempertahankan permainan menyerang pada paruh kedua. Mereka mengepung pertahanan PSBS sejak kick off babak kedua. Kesempatan apik dihasilkan Kurniawan Karman dari tendangan terarah pada menit ke-54. Namun bola berhasil diamankan oleh penjaga gawang Selsius Gebze.

Pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera coba memecahkan kebuntuan dengan menurunkan pemain anyar Rangga Muslim pada menit ke-67 menggantikan Kurniawan Karman. Bek Fandry Imbiri hampir mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-68. Sayang sontekannya di muka gawang masih bisa diamankan Selsius Gebze.

Kontrol bola yang buruk dari Sidik Saimima membuat Persebaya kehilangan kesempatan mencetak gol pada menit ke-72. Saimima bergerak aktif menyambut umpan Rendi Irwan. Setelah lolos dari jebakan offside, Saimima justru membuat kesalahan fatal. Kontrol yang buruk membuat ia kehilangan bola dan kesempatan cetak gol.

Persebaya kembali merombak pemain. Mereka menurunkan Misbakhus Solikin dan Rishadi Fauzi pada menit ke-77. Hadirnya Solikin dan Fauzi membuat lini serang Persebaya semakin hidup. Hanya saja mereka masih kesulitan untuk menjebol gawang PSBS yang dikawal Selsius Gebze.

Persebaya bermain full attack pada sepuluh menit menjelang babak kedua usai. Bahkan mereka hanya memainkan tiga pemain di lini belakang, yakni Fandry Imbiri, M. Syaifuddin dan Said Mardjan. Meski banyak kesempatan untuk mencetak gol, para pemain Persebaya sangat kesulitan untuk melakukannya. Skor 0-0 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

PSBS: Selsius Gebze, Daniel Tata, Donni Monim, Patrias Rumere, Bryan Muabuay, Charles Rumbino, Delfin Rumbino (Haniel Nabu, 69′), Jefri Kewoe (Delvin Taplo, 57′), Rizky Tuharea, Rudy Kurni, Hery Wenda (Mario Aibekob, 83′)
Pelatih: Frengky Samay

Persebaya: Miswar Saputra, Fandry Imbiri, M. Syaifuddin, Said Mardjan, Kurniawan Karman (Rangga Muslim, 67′), Sidik Saimima, Nerius Alom, Rendi Irwan Saputra (Misbakhus Solikin, 77′), Oktafianus Fernando, Thaufan Hidayat (Rishadi Fauzi, 77′), Ricky Kayame
Pelatih: Angel Alfredo Vera

Wasit: Eno Sembiring (Medan)

(saf/JPC)

Sumber diambil dari Jawapos.com